Minggu, 27 Desember 2015

TEMU ILMIAH REGIONAL (TEMILREG) JAWA TENGAH 2016




Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Temu Ilmiah Regional Jawa Tengah akan segera dimulai Insya Allah di Kota Pekalongan, tepatnya di STIE Muhammadiyah Pekalongan, tanggal 19-21 Februari 2016. untuk itu segera persiapkan KSEI Universitas anda masing-masing untuk berpartisipasi dalam agenda tahunan yang merupakan program kerja Fossei Jawa Tengah. Adapun kompetisi-kompetisi yang disajikan dalam agenda tersebut adalah :



A. OLIMPIADE EKONOMI ISLAM

Olimpiade Ekonomi Islam merupakan salah satu bentuk kegiatan ilmiah yang ada dalam TEMILREG yang mencakup kompetisi untuk membentuk kader – kader Ekonomi Islam. Kegiatan Olimpiade Ekonomi Islam ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap Ekonomi Islam baik secara teoritis maupun prakteknya. Selain itu olimpiade ini diharapkan dapat menjadi motor penyemangat mahasiwa untuk mengasah kemampuannya dalam bidang Ekonomi Islam guna memasyarakatkan konsep Ekonomi Islam sebagai Sistem Ekonomi Solutif yang dapat diimplementasikan di Indonesia. Dalam Kompetisi di mana terdapat rangkaiannya yaitu Babak Penyisihan, Semi Final dan Final

Adapun Materi yang diujikan adalah Sbb :

1.    Fiqh Muamalah
2.    Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
3.    KeFosSeian
4.    Lembaga Keuangan Syariah (Bank & Non Bank)
5.    Ziswaf
6.    Ekonomi Makro-Mikro (Konven & Syariah)
7.    Akuntansi (Konven & Syariah)
8.    Manajemen (Konven & Syariah)
9.    Kebijakan Sektor Pertanian dan Kelautan.


B. LOMBA KARYA TULIS EKONOMI ISLAM 

Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam bertujaun untuk membangun dan memancing minat mahasiswa untuk berlomba dalam penilitian dan penulisan karya ilmiah, khususnya pada bidang ekonomi syariah. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk melibatkan mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan memberikan solusi/pendapat mereka di dalam perkembangan ekonomi syariah yang saat ini menjadi solusi alternatif di tengah gejolak perekonomian dunia.

TEMA

“Optimalisasi Sektor Pertanian dan Sektor Kelautan Desa Berbasis Ekonomi Islam.”  


SUB TEMA

  1. Peran Pemerintah Pusat dan Daerah dalam meningkatkan Sektor Pertanian maupun Kelautan Desa Berbasis Ekonomi Islam.
  2. Pemanfaatan Sumber Daya Lokal dalam meningkatkan Sektor Pertanian maupun Kelautan Desa berbasis Ekonomi Islam untuk Kesejahteraan Masyarakat.
  3. Strategi Lembaga Keuangan Syariah dalam meningkatkan Sektor.


 KETENTUAN PERLOMBAAN PENYISIHAN LKTEI

  • Lomba ini terbuka untuk seluruh mahasiswa/i yang masih aktif di seluruh KSEI Perguruan Tinggi  Negeri maupun Swasta di Jawa Tengah.
  • LKTEI Temilreg Jateng tahun 2016 ini merupakan lomba yg sifatnya kelompok  di mana Tim menulis maksimal 1 Karya Tulis.
  • Peserta mengisi Formulir Pendaftaran dengan cara mengunduhnya di Blog ksei-iqtishoduna.blogspot.co.id
  • Pendaftaran pada Babak Penyisihan adalah gratis (Tidak dipungut Biaya apapun).
  • Diambil 5 besar untuk hadir di Final LKTEI yang akan diumumkan seminggu setelah batas akhir pengumpulan KTEI atau pada Tanggal 13 Februari 2016 melalui Sms/Telpon/facebook/Twitter/Blogspot.
  • Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 

FORMAT PENULISAN

Font             : Time New Roman
Size              : 12
Margins        : Top, Bottom, Left, Right = 3 cm
Paper Size    : A4
Space           : 1.5


1.    Bagian Awal

a.    Halaman Judul Identik dengan Huruf Besar dan sesuai dengan isi penulisan, dicantumkan nama penulis dan nomor induk mahasiswa serta asal perguruan tinggi di tulis secara jelas.
b.    Lembar pengesahan yang memuat judul, nama penulis dan nomor induk mahasiswa serta ditandatangani oleh Dosen Pembimbing lengkap dengan stempel perguruan tinggi.
c.    Kata Pengantar dari Penulis.
d.    Daftar Isi dan daftar lainnya yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran.

2.    Bagian Inti

a.    Pendahuluan
b.    Telaah Pustaka
c.    Metode Penulisan
d.    Bagian Isi atau pembahasan
e.    Bagian Penutup atau Kesimpulan

3.    Bagian Akhir

a.    Daftar Pustaka
b.    Lampiran-lampiran jika diperlukan
c.    Daftar Riwayat Hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon yang dapat dihubungi, email, riwayat pendidikan, lengkap dengan pas foto warna terbaru ukuran 3x4 di pojok kanan atas halaman.


C. LOMBA VIDEO EKONOMI ISLAM

Lomba Video Ekonomi Islam merupakan ajang kreatifitas dakwah Ekonomi Islam kepada Masyarakat dengan media audio visual, untuk mengenalkan konsep ekonomi islam dan turut serta dalam membumikan ekonomi islam. menggambarkan aktifitas kegiatan ekonomi sehari-hari yang sering terjadi secara sederhana atau kompleks dalam bentuk audio visual. Sehingga khalayak mampu memahami Ekonomi Islam yang memberikan nilai kebaikan pada umat manusia.

Adapun Temanya adalah,

"Pengembangan Sektor Pertanian dan Kelautan Desa di Jawa Tengah Berbasis Ekonomi Islam" 

KETENTUAN KHUSUS

a.    Persyaratan Video

Video harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  1. Video yang dilombakan adalah video orisinil yang belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan lomba yang sejenis dari sebelumnya.
  2. Judul Video bebas, komunikatif dan menampilkan isi dari video tersebut dangan tetap memperhatikan nilai edukasi serta berkaitan dengan tema Lomba Video Ekonomi Islam.
  3. Panitia diberikan hak dan wewenang untuk mempublikasikan setiap video yang terdaftar dengan tetap mencantumkan nama pembuatnya. Dengan hak cipta video tetap menjadi milik pembuat.

b.    Ketentuan Pembuatan Video
  1. Pada putaran awal pembukaan video hendaknya dicantumkan judul video dan logo KSEI dan Universitas peserta.
  2. Nama anggota tim dicantumkan di akhir video (tampilkan dengan jelas).
  3. Video dibuat dengan durasi selama 5-10 Menit.
  4. Audio Visual harus disampaikan dengan jelas (suara dan gambar jelas).
  5. Video yang dibuat tidak boleh mengandung SARA, kekerasan dan politik.
  6. Ketentuan Dewan Juri bersifat Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Selain adanya kompetisi yang disebutkan di atas, dalam Agenda Temilreg Jateng ini juga terdapat serangkaian acara lainnya seperti,

RAPAT PIMPINAN REGIONAL (RAPIMREG)

Acara ini didesain sebagai pertemuan rapat pimpinan dalam koridor silaturrahmi dan koordinasi dengan maksud di antaranya untuk mengetahui perkembangan KSEI, Komisariat, regional maupun nasional. Serta untuk memantapkan sinergitas langkah ke depan keluarga besar Fossei Regional Jawa Tengah. Dalam acara Rapimreg ini wajib hadir Presiden/BPH KSEI se-Jawa Tengah, Presiden Komisariat/BPH Komisariat dan BPH Regional Jawa Tengah.

Demikianlah sedikit pandangan Temilreg Jateng 2016 mendatang, Adapun mengenai konsep, ketentuan dan teknis mengenai kompetisi ajang bergengsi TEMILREG JATENG 2016 lebih mendetail dan konkret, Insya Allah akan segera disharekan pada waktu dekat dalam bentuk proposal. jangan lupa juga selalu mengikuti update informasi kami, baik di website ini maupun di Facebook. selamat berlomba-lomba dalam kebaikan, kedatangan kalian semua kami nantikan. SALAM EKONOM RABBANI, BISA!!!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Download Formulir Temilreg Jateng 2016, Silakan Klik di sini atau di sini
Download Pamflet Info Kegiatan Temilreg Jateng 2016, Silakan Klik di sini atau di sini
Download Proposal Temilreg Jateng 2015, Silakan Klik di sini atau di sini 

0 komentar:

Posting Komentar

Welcome on Our Website, Thanks for Join and Let You follow Us.