Selasa, 29 Maret 2016

KENANGAN INDAH TEMU ILMIAH REGIONAL (TEMILREG) JATENG 2016 KSEI IQTISHODUNA



Dengan mengucapkan alhamdulillah kami segenap panitia temu ilmiah regional (TEMILREG) HMPS Ekonomi Islam STIE Muhammadiyah  pekalongan, memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala anugerah-Nya yang telah melimpahkan kepada kami sehingga dapat menyelenggarakan kegiatan Temu Ilmiah Regional Jawa Tengah yang bertemakan "Optimalisasi Sektor Pertanian dan sektor kelautan desa Berbasis Ekonomi Islam, dengan baik meskipun ada sedikit kendala. Tak lupa sholawat serta salam tetap tercurah pada junjungan Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya.

Temu ilmiah regional (TEMILREG) Jawa Tengah 2016 adalah ajang bergengsi yang diadakan oleh FoSSEI ( Forum Silaturrahmi Studi Ekonomi Islam ) yang bekerja sama dengan KSEI Iqtishoduna, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam STIE Muhammadiyah Pekalongan yang diadakan selama 3 hari, dari tanggal 19 Februari - 21 Februari 2016, dan adapun kegiatannya meliputi Seminar Nasional, Lomba, dan Rapat Pimpinan Regional ( RAPIMREG ) yang diikuti oleh KSEI – KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) dari perguruan tinggi atau universitas di Jawa Tengah yang memiliki program studi Ekonomi Islam, dari banyaknya Perguruan tinggi di Jawa Tengah yang ikut berpartisipasi kegiatan Temilreg ini ada 20 KSEI atau Perguruan Tinggi.

Adapun dalam Lomba Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) ini terdapat beberapa lomba yaitu Lomba Olimpiade Ekonomi Islam, Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI), dan Lomba Video Ekonomi Islam ( LVEI). Tujuan kegiatan ajang gengsi ini adalah mempererat tali silaturrahmi antar KSEI serta untuk mengukur seberapa besar potensi akademik mahasiswa dalam ilmu pengetahuan terutama yang berbasis Ekonomi Syariah.

Hari Pertama adalah Registerasi untuk seluruh peserta Temu Ilmiah Regional Jawa Tengah, baik untuk Olimpiade Ekonomi Islam, Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam, Lomba Video Ekonomi Islam Maupun Rapat Pimpinan Regional, ini dimulai dari pukul 13.00 WIB sehabis sholat jum'at sampai dengan pukul 19.00 WIB, Baru kemudian jam 20.00 dilakukan Opening Ceremony Temilreg Jateng Sekaligus setelah Selesai sesi opening merupakan Penjelasan technical perihal kompetisi.

Pada hari Kedua adalah Seminar Nasional Ekonomi Islam dengan Tema "Pengelolaan Sektor Pertanian dan Sektor Kelautan Berbasis Ekonomi Islam, dengan pembicara Tunggal yaitu Seorang Pakar Ekonomi Islam yang sekaligus juga merupakan Dosen Pasca Sarjana IAIN Surakarta, Ir. H. Dwi Condro Triono, M. Ag. P. hD dengan dimoderatori oleh Dosen STIE Muhammadiyah Pekalongan yaitu Bapak Fadli Hudaya SEI, M. SI, selaku Kaprodi S1 Ekonomi Islam. Kegiatan seminar nasional tersebut dilaksanakan mulai dari jam 08.00 s.d. 12.00 WIB, di Ruang Auditorium STIE Muhammadiyah Pekalongan dengan dihadiri tamu undangan kurang lebih 300 orang, baik dari mahasiswa intern, ekstern, praktisi maupun masyarakat umum, di hari yang sama juga yaitu pada Pukul 14.00 di ruangan berbeda dengan banyaknya peserta berjumlah 102 mahasiswa atau terdiri 34 Tim dari 20 KSEI/ Perguruan Tinggi Se Jawa Tengah, dilaksanakan Babak Penyisihan Olimpiade Ekonomi Islam dengan format lomba mengerjakan soal pilihan ganda berjumlah 100 buah, untuk kemudian diambil sebanyak 5 Tim perolehan nilai terbaik untuk maju ke Babak semi final.

Di hari yang sama pula atau hari Kedua, terdapat Final Lomba Video Ekonomi Islam, Karya Tulis Ekonomi Islam dan Rapat Pimpinan Regional yang dilaksanakan pada pukul 16.00 di Ruangan berbeda, adapun untuk Lomba Video Ekonomi Islam dengan tema "Pengembangan Sektor Pertanian dan Kelautan Desa di Jawa Tengah Berbasis Ekonomi Islam" telah diambil 3 terbaik untuk maju di babak tersebut yang sebelumnya telah melalui proses penyeleksian dari adanya pengiriman 9 Video Ekonomi Islam dari 20 KSEI/ Perguruan Tinggi untuk memperebutkan posisi juara 1, 2 dan 3 dengan sistem lomba presentasi video, kemudian untuk Final Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam dengan tema "Optimalisasi Sektor pertaninan dan kelautan desa di jawa tengah Berbasis Ekonomi Islam telah diambil 5 Tim Terbaik untuk memperebutkan posisi juara 1, 2 dan 3 yang sebelumnya juga melalui proses penyeleksian dari adanya 21 Karya Tulis Ekonomi Islam yang dikirim dari 20 KSEI/ Perguruan Tinggi juga dengan sistem presentasi di hadapan para juri.
Adapun Rapat Pimpinan Regional merupakan  Acara yang didesain sebagai pertemuan rapat pimpinan dalam koridor silaturrahmi dan koordinasi dengan maksud di antaranya untuk mengetahui perkembangan KSEI, Komisariat, regional maupun nasional. Serta untuk memantapkan sinergitas langkah ke depan keluarga besar Fossei Regional Jawa Tengah. Dalam acara Rapimreg ini pula wajib hadir Presiden/BPH KSEI se-Jawa Tengah, Presiden Komisariat/BPH Komisariat dan BPH Regional Jawa Tengah.

Di hari Ketiga atau merupakan hari terakhir, di mana dilaksanakan Babak Semi Final dan Final Olimpiade Ekonomi Islam, setelah kemarin 34 Tim Olimpiade Ekonomi Islam Berjibaku di babak Penyisihan, kini diambil 5 Tim dengan Nilai terbaik untuk maju ke Babak Semi Final, pada Babak ini sistemnya adalah lomba cerdas cermat untuk memperebutkan posisi 3 terbaik untuk maju ke babak selanjutnya atau babak Final. Dan pada babak final ini, sistem lomba dilaksanakan dengan setiap tim diberikan soal kasus (studi kasus) oleh dewan juri, yang kemudian setiap tim diberikan kesempatan waktu untuk mengerjakannya dan membuat bahan presentasi atau powerpoint untuk kemudian dipresentasikan dihadapan mereka, Durasi babak final ini dari pukul 08.00 - 13.00 dan dilaksanakan di Auditorium.

Pada pukul 14.00 merupakan acara safari Pekalongan, di mana seluruh peserta atau mahasiswa perguruan tinggi se jawa tengah bernostalgia ke tempat wisata yang ada di kota pekalongan dengan menggunakan transportasi angkutan umum yang telah disediakan panitia, adapun tujuannya seperti Batik TV, Mangrove Park dan terakhir makan sore mampir di Rumah Makan Ayam Gepuk Pekalongan. setelah selesai bernostalgia di kota pekalongan akhirnya kembali ke kampus pada pukul 17.15, pada pukul 17.30 inilah merupakan waktu yang mengegangkan dan dirasa paling berat untuk dirasakan, karena ini merupakan acara pengumuman hasil lomba temilreg sekaligus penutup.

selamat jalan kawan, suatu saat kita akan bertemu kembali, bercengkerama dalam canda, silaturrahmi dan berkompetisi, Salam hangat teruntuk engkau semua sahabat, KSEI Iqtishoduna.....
uhibbukum fiillaah...

Salam Ekonom Rabbani !!!

Redaktur : Miftah


Kenang-kenangan



















































0 komentar:

Posting Komentar

Welcome on Our Website, Thanks for Join and Let You follow Us.